Logo Tinkercad
Logo Tinkercad

Tempo hari, saya, Agya Sadhana dengan NIM 16520466, mencoba menggunakan aplikasi tinkercad sebab tinkercad memiliki banyak fitur dalam hal elektronika dan design. Oleh karena itu, di sini saya akan berbagi pengalaman saya setelah mencoba fitur elektronya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Tinkercad menawarkan fitur 3D modeling dan modeling elektronika yang dapat diakses dari website secara GRATIS. Tinkercad terkenal dengan UI-nya yang user friendly, desain aplikasi yang simpel, dan cara pemakaiannya yang tergolong mudah.

Jadi, Apa itu Tinkercad ?

Secara mudah, dapat disimpulkan bahwa Tinkercad adalah sebuah program online 3D yang berjalan di website.

Sekian, terima- Eh fungsi dan pengalaman saya belum saya jelaskan rinci ya…


Beberapa waktu lalu, saya ditugaskan untuk mencoba git oleh dosen saya sebab git banyak dipakai untuk collab. Oleh karena itu, di sini saya akan berbagi pengalaman saya setelah mencobanya sedikit.

GitHub menawarkan layanan yang sangat fleksibel dan efisien dalam hal Version Control System dengan bantuan GitHub (dan git tentunya) pengguna dapat mentrack perubahan setting yang kita buat ke repositori kita.

Apa itu Git ? Github ?

Git : VCS (Version Control System) untuk memanage dan mentrack perubahan yang dibuat ke source code.

GitHub : Layanan Hosting berbasis Cloud untuk memanage git repositories.

Apa itu repositori ?

Repositori merupakan suatu tempat di git untuk menyimpan file coding, txt, dan lain-lain.

Latihan dengan Git Bash

Kali…


Pada story sebelumnya, saya sudah membahas mengenai konsep aplikasi bersama kedua teman saya yang kami pikir dapat membantu mengatasi masalah kendaraan umum yang ada di Indonesia. Namun, suatu barang yang ingin dipakai oleh orang banyak tentu harus memiliki suatu parameter minimal atau standar. Banyak barang sehari-hari yang memiliki standar agar bisa beroperasi optimal, seperti saklar yang dilabeli SNI. Berikut akan saya bahas secara umum standar yang dapat diimplementasikan dalam aplikasi kami.

Standar Jarak


Kerja sama iptek dengan manusia oleh Bengkuluinteraktif.com

Blog ini dibuat oleh :

  • Agya Sadhana/16520466
  • Azka Syauqy Irsyad/16520096
  • Kofifan Hertza Haribowo/16520276

Pada post sebelumnya dijelaskan beberapa step yang mungkin bisa dikerjakan. Walaupun tentu untuk menjalankan saran-saran yang ada disana pasti ada hambatan atau tantangan yang kami sendiri belum paham. Banyak dari saran tersebut dilihat dari aspek fisik dari transportasi itu sendiri. Jalanan, sarana, dan prasarana merupakan aspek fisik tentunya.

Untuk post yang satu ini kami akan coba meningkatkan pelayanan dan kenyamanan dengan menyampaikan konsep aplikasi spesifik untuk tracking yang dapat membantu masyarakat lebih mudah dalam menggunakan layanan transportasi umum. Dalam post ini kami akan melihat aplikasi lain…


Salam sejahtera untuk kita semua, berhubung karena Indonesia masih memiliki banyak kekurangan perihal transportasi umum, saya dan kedua teman saya akan menyarankan beberapa solusi yang sekiranya rasional.
Penyusun : Agya Sadhana/16520466, Azka Syauqy Irsyad/16520096, Kofifan Hertza Haribowo/16520276

Berikut pembagian “Need-Know-How-Solve”-nya :

Need-Know-How-Solve oleh Serupedia.com

NEED

• Solusi permasalahan dari transportasi umum di Indonesia
• Kebijakan untuk meningkatkan kualitas transportasi umum di Indonesia
• Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat transportasi umum di Indonesia menjadi lebih efisien
• Jenis transportasi umum baru yang mungkin bisa diaplikasikan di kota Indonesia

KNOW

• Kota-kota di Indonesia beragam dalam berbagai aspek
• Angkot dan Bus Kota umum ditemukan di kota…


Digital Economy oleh FISCAL.ID

Pada hari Selasa(16/2/2021), dosen PRD (Pengantar Rekayasa dan Desain) saya menugaskan saya untuk mengikuti kuliah publik tentang IoT (Internet of Things). Saya akan merangkum apa yang telah disampaikan oleh host kuliah tersebut yakni Dr.Fadhil Hidayat, S.Kom., MT..


Potret Barbershop oleh Kabar Warta

Pada hari Selasa (9/2/2021), dosen saya memberi ilustrasi persoalan realita seperti berikut :

Berapa jumlah kios cukur rambut pria (barbershop) di kota Bandung (jumlah penduduk sekitar 2,5 juta jiwa) ?

Catatan : Jika informasi yang diberikan tidak lengkap, gunakan dan nyatakan secara tertulis asumsi yang Anda gunakan dalam penyelesaian masalah.

Berikut saya akan menjawab berdasar Need-Know-How-Solve.

Need

Yang kita perlu jawab ialah jumlah kios rambut pria di kota Bandung.

Know

Kita hanya mengetahui jumlah penduduk sekitar 2,5 juta.

How

Untuk mengetahui banyaknya kios, kita perlu berasumsi untuk menyelesaikan masalah. …


Kuliah terakhir (9/2/2021), dosen saya memberikan suatu persoalan simulasi realita seperti berikut :

Ilustrasi Kabel Baja

Kabel baja vertikal digunakan untuk menyangga bagian jalan dalam sebuah konstruksi jembatan gantung. Salah satu kabel vertikal yang panjangnya 4,00 m digunakan untuk menyangga beban 20,0 ton. Akibat beban tersebut,kabel baja bertambah panjang 20,0 cm. Jika beban yang sama disangga oleh kabel baja jenis yang sama dengan panjang 8,00 m. berapa besar pertambahan panjangnya ?

Saya akan menjawab dengan format Need-Know-How-Solve.


Potret Ramainya Kereta Api di Jakarta oleh Ekonomi.Bisnis.com

Layanan publik adalah hak warga, seperti yang ada pada UU Nomor 25/2009. Namun, sampai saat ini urban service Indonesia masih jauh dari kata “standar”. Mulai dari akses trotoar yang tidak memadai, jalanan bolong dan rusak (di kampung-kampung biasanya), transportasi umum dengan keamanan yang patut diragukan, dan masih banyak lagi. Berikut akan saya kupas lebih mendalam serta pendapat saya berdasar pengalaman.


Photo by Markus Spiske on Unsplash

Pada hari Rabu (2/2/2021), dosen PRD saya setelah mengenalkan diri langsung menugaskan kami untuk mengikuti kuliah publik tentang Smart City, Model, and Life. Namun, yang saya ingin bahas di sini ialah influence iptek dalam meningkatkan kualitas hidup yang merupakan salah satu bahasan kuliah tersebut.

Dewasa ini, iptek bukan lagi bahasa yang asing sebab fungsinya yang signifikan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Iptek terbukti berkontribusi dalam berbagai bidang untuk mewujudkan smart environment, smart society, dan smart economy yang akan meningkatkan produktivitas warga berdasarkan pilar Smart x model. Lantas, apa itu Smart x model ? …

Agya Sadhana

Seorang mahasiswa ITB STEI’20 yang masih butuh banyak belajar dan pengalaman.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store