Bagaimana iptek dapat Meningkatkan Kualitas Hidup ?

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Pada hari Rabu (2/2/2021), dosen PRD saya setelah mengenalkan diri langsung menugaskan kami untuk mengikuti kuliah publik tentang Smart City, Model, and Life. Namun, yang saya ingin bahas di sini ialah influence iptek dalam meningkatkan kualitas hidup yang merupakan salah satu bahasan kuliah tersebut.

Dewasa ini, iptek bukan lagi bahasa yang asing sebab fungsinya yang signifikan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Iptek terbukti berkontribusi dalam berbagai bidang untuk mewujudkan smart environment, smart society, dan smart economy yang akan meningkatkan produktivitas warga berdasarkan pilar Smart x model. Lantas, apa itu Smart x model ? Bagaimana bisa iptek berpotensi meningkatkan kualitas hidup secara drastis ?

Gambar Smart x Model oleh Living Lab

Smart x Model adalah model berisi pilar-pilar aspek kehidupan manusia yang memvisualisasikan pemanfaatan sumber daya seefisien mungkin demi mencapai kehidupan yang lebih efektif ke depannya. “Sumber daya” yang dimaksud bukan hanya untuk alam, tetapi untuk sumber daya manusia pula. Smart Society, Smart people, dan lain-lain adalah sasaran yang wajib kita kembangkan seiring waktu.

Smart Society adalah suatu sistem masyarakat yang secara virtual terjalin menuju kehidupan lebih baik (http://smartcity.kulonprogokab.go.id/smart_society). Smart People ialah masyarakat yang dapat memanfaatkan potensi teknologi virtual yang tersedia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Smart Infrastructure, seperti kedengarannya, merupakan sistem kota di mana pembangunan kota menggunakan sumber tenaga yang kecil, tetapi hasil yang signifikan besar.

Seperti yang dapat kita lihat, iptek memegang peran penting dalam merealisasikan Smart x Model di atas. Kenapa ? Karena dengan bantuan iptek kita dapat menghitung lebih cepat, memprediksi lebih akurat, menganalisis lebih detail, dan banyak lagi. Sebagai contoh : Dengan adanya scanner absen, kecurangan untuk sekedar “titip absen” oleh kolega tertanggulangi. Atau dengan adanya iptek, kita tidak perlu lagi pergi ke cabang suatu bank untuk membuka rekening sebab sudah bisa daftar secara online. Hal ini tentu saja membuat hidup manusia lebih mudah dan efisien.

Buka Rekening BNI via Online

Saya sendiri sebagai mahasiswa kuliah berbasis iptek, percaya bahwa iptek dapat meningkatkan kualitas hidup sebab sebagian besar hidup saya terbantu oleh teknologi yang semakin memadai kini hari. Seperti saat saya ingin pergi ke suatu tempat, saya tinggal pesan ojol (asumsi bahwa kalian memiliki uang). Ketika saya ingin makan, saya pesan makanan online. Masih banyak lagi yang bisa didukung oleh iptek.

Dengan evolusi industri 5.0 yang berdasarkan kerja sama antara manusia dan mesin, tentu saja iptek memegang peran yang sangat krusial di kedepannya. Namun, hal tersebut hanya dapat terwujud apabila manusia yang bekerja sama dengan mesin tidak mengandalkan melainkan menggunakan mesin tersebut.

Evolusi industri dari waktu ke waktu oleh Factfile

Seorang mahasiswa ITB STEI’20 yang masih butuh banyak belajar dan pengalaman.

Seorang mahasiswa ITB STEI’20 yang masih butuh banyak belajar dan pengalaman.