Solusi Masalah Kendaraan Umum di Indonesia dengan Iptek

Kerja sama iptek dengan manusia oleh Bengkuluinteraktif.com

Blog ini dibuat oleh :

  • Agya Sadhana/16520466
  • Azka Syauqy Irsyad/16520096
  • Kofifan Hertza Haribowo/16520276

Pada post sebelumnya dijelaskan beberapa step yang mungkin bisa dikerjakan. Walaupun tentu untuk menjalankan saran-saran yang ada disana pasti ada hambatan atau tantangan yang kami sendiri belum paham. Banyak dari saran tersebut dilihat dari aspek fisik dari transportasi itu sendiri. Jalanan, sarana, dan prasarana merupakan aspek fisik tentunya.

Untuk post yang satu ini kami akan coba meningkatkan pelayanan dan kenyamanan dengan menyampaikan konsep aplikasi spesifik untuk tracking yang dapat membantu masyarakat lebih mudah dalam menggunakan layanan transportasi umum. Dalam post ini kami akan melihat aplikasi lain yang serupa dan dilihat fitur apa yang kira kira cocok di konsep aplikasi yang akan kami ceritakan ini serta menambahkan ide-ide sendiri yang menurut kami mungkin cocok untuk diaplikasikan.

Yaudah, gausah basa basi lagi, kita langsung coba bahas konsep aplikasinya.

Aplikasi dengan Tracking Lokasi Kendaraan Umum

Sebenarnya buat apa sih aplikasi ini?
Apa tujuannya?
Mungkin apllikasi ini bisa dibilang terinspirasi dari pengalaman pribadi penulis yang mungkin dulu sebelum banyak transportasi online sering pulang sekolah naik angkot dan sering pada jam tertentu nungguin angkot itu rasanya lama sekali. Kadang belasan menit tapi sering pula sampai 1 jam atau 2 jam. Hal ini adalah problem dan tentu otak manusia pasti berpikir “kira-kira bagaimana solusinya”. Dari pemikiran itu terbentuk lah konsep aplikasi yang akan disampaikan pada post ini.

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengetahui lokasi kendaraan umum yang ada di suatu kota secara real time. Benefitnya apa? Kalo kita lagi nunggu kita tau pasti kapan kendaraan yang kita tunggu itu datengnya kapan. Selain itu juga kita dapat mengestimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dintegrasikan dengan aplikasi buatan rekan sekolompok kami maupun dengan aplikasi transportasi online untuk membuat aplikasi serbaguna.

Beberapa orang mungkin berpiki bahwa konsep aplikasi ini kok mirip banget dengan google maps, mendingan pake itu, sudah terintegrasi dengan google dan lebih simple lagi gaperlu download. Pernyataan itu memang tidak salah. Namun, apa yang kira kira akan membedakan konsep aplikasi ini dengan yang lain?

- LIVE GPS TRACKING
Mungkin ini adalah hal yang paling membedakan antara aplikasi ini dengan google maps adalah adanya real time tracking pada setiap kendaraan umum. Hah, emang mungkin ada teknologi yang dapat ngetrack real time? Ya pasti ada dong, buktinya kita lihat aja di aplikasi transportasi online. Memanfaatkan fitur gps hp maka kita bisa lihat posisi drivernya dimana. Nah, kenapa kita ga implementasiin itu di kendaraan umum?

Tentu kita tidak bisa menyamakan transportasi umum dan kendaraan online. Kalo kita bikin aplikasi ini sekarang kan perlu ada yang menghubungkan antara hp driver dan aplikasinya, sementara seperti kita tahu, angkot contohnya, di Indonesia masih ‘sendiri-sendiri’. Maka dari itu kita balik lagi ke post sebelumnya, harus ada revitalisasi peraturan agar semua angkot berada di bawah awasan pemerintah.

- TIME ESTIMATION, ROUTE SUGGESTION, TRAFFIC
Hal ini tentu merupakan hal basic yang ada di dalam sebuah aplikasi transportasi. Fitur-fitur ini juga sudah ada implementasinya di aplikasi seperti Google Maps, Waze, dsb. Walaupun memang sudah ada di aplikasi lain bukan berarti tidak boleh di aplikasi ini. Dengan adanya live gps tracking tentunya akan menghasillkan estimasi waktu yang lebih akurat.

- PEOPLE TRACKER
Fitur ini merupakan fitur opsional yang terinspirasi dari aplikasi Zenly yang dulu sempat booming. Dengan adanya fitur ini kita jadi tahu posisi teman atau keluarga secara realtime ketika menggunakan kendaraan umum.
Sering kan kalo kita misalnya ngumpul terus nungguin temen gitu terus kita perlu nanya ‘“eh dimana” jawabannya “di jalan” kan tidak memberikan faedah apa apa jawaban itu. Dengan fitur ini kita bisa tau oh ternyara dia lagi di jalan ini dengan angkot ini. Oh ternyata dia lagi naik bus ini, ikutan ahh…. dll. Tentu saja hal ini bisa dimatikan oleh pengguna apabila ingin lebih memiliki privasi.

Design Halaman “Keterangan Kendaraan”

Aplikasi untuk Memantau Harga dan Memesan Tiket

Seberapa sering kalian ingin menggunakan kendaraan umum, seperti taksi, bis, dan angkot, lalu kekurangan uang cash karena mengira harganya “masih sama seperti kemarin” dan memiliki nominal yang sangat kecil di akun bank online sehingga tak dapat dipakai di situasi ini. Kalau tidak pernah atau jarang, bagus kalian penuh dengan persiapan. Namun, bila sering terjadi bagi Anda, tentu saja akan sangat menyulitkan banyak pihak termasuk dirimu sendiri. Lalu apakah kalian pernah sudah membawa uang berlebih, tetapi ternyata tiket angkutan tersebut telah habis atau kendaraannya telah penuh tanpa kalian ketahui sebelumnya? Hal ini tentu membuat ribet banyak orang.

Oleh karena itu, kami juga terpikir untuk membuat aplikasi yang dapat memantau harga kendaraan umum dari 1 lokasi ke lokasi lain secara spesifik (seperti halnya ojol). Contoh, kamu ingin naik bis dari Bandung ke Surabaya dan kamu ingin mengetahui biaya yang eksak pada jam dan menit yang sama, dengan aplikasi yang kami buat, kamu langsung dapat mengetahui harganya tanpa perlu searching atau jalan ke halte untuk bertanya-tanya ke petugas sekitar. Aplikasi ini juga dapat memesan tiket kendaraan umum secara online sehingga pengguna dapat lebih terpantau dengan adanya “history” pemesanan tiket. Dengan begitu, orang-orang akan menghemat waktu dengan tidak perlu ngantri berjam-jam dan berdesakan untuk membeli tiket kendaraan.

Design Halaman “Pesan Tiket”

Aplikasi untuk Melihat Kapasitas Mobil serta Mengetahui Kondisi serta Umur Mobil

Jadi, teknologi ini terhubung langsung dengan “otak” yang ada dalam mobil. Hal ini berguna untuk mengetahui nomor rangka mesin dan kerangka-kerangka lain yang, berangkat dari sana, dapat mengetahui usia mobil yang digunakan sudah berapa lama. Adanya hal ini dapat membantu pencatatan keadaan serta kondisi mobil selama dipakai, yang juga dapat mengurangi risiko akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan mobil yang dikarenakan oleh masalah internal. Selain itu, dengan adanya teknologi ini, solusi yang kami berikan untuk mobil yang berumur lebih dari 10 tahun tidak boleh beroperasi di jalanan tanpa adanya surat kelayakan dapat berjalan dengan baik, dibantu dengan track record dari teknologi ini. Teknologi ini nantinya akan mengirim data ke aplikasi pengguna mobil dan pencatatan kondisi tersimpan di sana. Pengguna tinggal hanya menunjukan catatan dari aplikasi ini jika sedang ke bengkel atau untuk mendapatkan lisensi kelayakan untuk mobil berusia di atas 10 tahun. Selain itu, ada juga pemasangan teknologi sensor dalam mobil yang gunanya untuk mengetahui jumlah maksimal penumpang yang dapat dibawa dalam satu mobil dan mendeteksi berapa penumpang yang hadir di dalam mobil tersebut.

Mobil akan memberikan peringatan kepada pengendara mobil jika penumpang di dalam mobil tidak sesuai dengan aturan jumlah penumpang dalam satu mobil, merujuk kepada solusi 3 in 1. Mobil juga akan memberikan warning kepada pengendara jika jumlah penumpang di kendaraan tersebut tidak sesuai ketika memasuki suatu wilayah yang menerapkan kebijakan tersebut dengan mengirimkannya ke aplikasi yang sama dengan sebelumnya, sehingga dapat dikatakan aplikasi itu terintegrasi. Hal ini dapat mengurangi tingkat pelanggaran pengguna jalan, namun tetap harus dilandasi akan kesadaran untuk mematuhinya dari sisi pengendara. Teknologi serta aplikasi ini terintegrasi penuh dengan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah sehingga akan terjadi automatisasi-automatisasi tertentu yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Design Halaman “Kapasitas dan Riawayat Kendaraan”

PENUTUP

Selain fitur diatas tentu aplikasi ini bisa dikembangkan secara luas, apakah dapat ditambahkan fitur aplikasi pembayaran sehingga bayarnya hanya perlu pake HP atau fitur pencarian tempat wisata jadi kita gausah cari lagi langsung diarahin ni naik apa aja kesananya dan masih banyak lagi. Potensinya dapat dibilang banyak.

Tentunya masih banyak hal/fitur yang bisa dieksplorasi lagi untuk menambah kelayakan konsep aplikasi ini. Perlu diingat bahwa tulisan ini hanya merupakan sebuah pemikiran dan kami juga paham betul bahwa dalam pengaplikasian ke dunia nyata pasti ada tantangan serta rintangan yang mungkin kami juga belum tahu. Sehingga, kritik sangatlah dianjurkan. Semoga harimu menyenangkan!

Seorang mahasiswa ITB STEI’20 yang masih butuh banyak belajar dan pengalaman.

Seorang mahasiswa ITB STEI’20 yang masih butuh banyak belajar dan pengalaman.